Kamis, 30 Oktober 2014

Menjaga Kebersihan Sayuran

Sayuran adalah makanan sehari- hari bagi kita. Banyak para ibu yang memasak sayuran untuk makan bersama keluarganya. Sayuran memang baik untuk kesehatan kita. Sayuran juga termasuk ke dalam makanan empat sehat lima sempurna. Sayuran beragam jenisnya dan juga mempunyai banyak manfaat yang baik untuk tubuh kita. Sayuran juga mengandung serat yang tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan kita.

Karena sayuran merupakan makanan yang wajib kita konsumsi setiap hari, maka ketika hendak memasaknya pun kita harus benar- benar memperhatikan kebersihan sayuran tersebut. Ada beberapa sayuran yang lansung dicbut dari dalam tanah, ada juga yang harus di petik dari pohonnya. Selain itu sayuran sekarang ini sering di semprot oleh pestisida yang berfungsi untuk menghindarkan hama seperti ulat yang sering menyerang dan merusak tanaman termasuk sayuran.



Karena sayuran sering disemprotkan racun anti hama, maka ketika mencucinya pun harus benar- benar bersih, karena sisa- sisa racun tersebut biasanya masih banyak menempel di sayuran tersebut. Sekarang ini kita sering menggunakan salah satu cairan untuk membersihkan sayuran dengan mudah. Pembersih ini aman untuk sayuran kita, agar kuman- kuman dan racun sisa pestisida itu menghilang dan sayuran dapat di olah dan dimasak.

Menjaga kebersihan sayuran itu sangat penting , karena walaupun sudah di masak, ada kalanya kuman- kuman itu masih menempel pada sayuran tersebut. Menjaga kebersihan sayuran ditujukan agar kita terhindar dari kuman- kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada tubuh kita. Seringnya jika makanan yang kita konsumsi tidak bersih, maka biasanya kita akan mengalami sakit perut. Tentu hal ini tidak boleh kita anggap enteng.

Jika kita selalu mengabaikan untuk menjaga kebersihan sayuran, maka tubuh kita juga menjadi tidak aman, karena seringnya bakteri yang masuk ke tubuh kita lewat makanan. Makanan termasuk sayuran memang harus menjadi nomor satu untuk diperhatikan kebersihan dan kestrerilannya. Karena makanan yang kita konsumsi juga akan berpengaruh pada kesehatan dan kondisi tubuh kita. Sayuran itu memiliki banyak serat dan nutrisi serta zat lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, maka dari itu kebersihannya juga harus dijaga dan diperhatikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar