Minggu, 12 Oktober 2014

Mengelola dan Mengatasi Konflik

Setiap orang memiliki teknik dan cara memecahkan konflik yang berbeda. Faktor yang mempengaruhi pemecahan konflik adalah sebagai berikut :
1.    Penngalaman masa kecil
2.    Pengalaman saat belajar di sekolah
3.    Pengetahuan tentang teknik pemecahan masalah
4.    Tingkat kecerdasan emosi yang belum terbentuk dengan baik
5.    Tingkat kedewasaan seseorang
6.    Media yang sering dilihat, contohnya media televisi, majalah, koran dan lain-lain
7.    Saran dari orang terdekat



Pada dasarnya orang akan menggunakan informasi, pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki untuk bisa mengatasi konflik. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi konflik diantaranya :
1.    Tidak perlu menyelesaikan konflik karena menurut anda tidak ada gunanya menghadapi konflik tersebut. Cara ini biasanya dilakukan untuk menghadapi konflik individu yang bertujuan kurang baik, misalnya konflik yang mengarah ke sifat yang menjatuhkan. Penanggulangan konflik dengan cara ini akan menciptakan keharmonisan dalam kelompok.

2.    Menaklukkan pihak lawan dengan cara dan waktu yang tepat. Cara seperti ini digunakan apabila :
a.    Posisi anda benar dimata teman atau orang lain
b.    Anda punya alasan yang lebih kuat
c.    Ada tujuan yang pasti dari diri anda dalam mempertahankan persepsi
d.    Lawan cenderung telah mengintimidasi dan menuju ke arah yang tidak baik atau cenderung agresif dan menyerang
e.    Unsur mengganggunya sangat tinggi

3.    Berkomunikasi intensif dan selalu menjaga hubungan baik dengan pihak lawan. Cara seperti ini dilakukan apabila :
a.    Lawan  adalah teman baik anda
b.    Lawan adalah atasan atau orang penting untuk usaha anda
c.    Lawan adalah anggota keluarga anda
d.    Hal- hal yang bisa menjatuhkan reputasi , karir dan bisnis anda karena konflik tersebut

Apabila menggunakan cara ini yang harus anda lakukan adalah :
1)    Bernegosiasi
2)    Berkomunikasi untuk mengurai sebab dan akibatnya terlebih dahulu
3)    Mendengar dan memperhatikan terlebih dahulu , jangan bertindak terlalu agresif dan reaktif
4)    Jaga emosi sebaik mungkin
4.    Menciptakan komitmen dan kesepakatan demi kebaikan tim atau organisasi

Dengan cara ini anda harus melakukan negosiasi untuk menciptakan solusi yag bersifat win- win solution yang saling menguntungkan sebagai jalan tengahnya. Cara seperti ini efektif digunakan untuk :
a.    Lawan adalah orang yang masih bisa diajak kompromi
b.    Kerugian besar bagi anda bila konflik terus berlangsung dan berlarut- larut
c.    Konflik sudah mengganggu kesibukan, waktu dan pekerjaan sehingga harus segera diselesaikan
5.    Menyelesaikan konflik secepatnya agar tugas dan kehormatan kelompok atau usaha tidak terganggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar