Rabu, 05 November 2014

Mengajarkan Anak Untuk Tidak Menyisakan Makanan

Anak- anak memang sangat susah jika sudah berurusan sama yang namanya makanan. Ada sebagian anak yang tidak menyukai sayuran. Namun ada juga anak- anak yang susah untuk menghabiskan sisa- sisa makanannya. Banyak orang tua yang kerepotan gara- gara anaknya tidak mau menghabiskan makanannya. Porsi yang diberikan kepada anak `tentu harus sesuai setiap harinya. Namun ada juga beberapa yang porsinya sedikit namun tetap saja anak itu susah untuk menghabiskan makanannya.

Kita sebagai  orang tia harus mengajarkan anak kita untuk tidak membuang- membuang makanan. Banyak orang di luar sana yang tidak bisa menikmati makanan yang mereka makan saat ini. Saat anak itu sudah tumbuh lebih besar, hal ini juga harus di terapkan kepada sang anak. Membuang – buang makanan itu tidak baik dan mubazir, di luar sana ada anak- anak yang seumuran dengan mereka yang harus bekerja dulu mencari uang untuk bisa makan. Hal ini penting di ajarkan kepada anak, agar si anak pandai bersyukur. Anak juga jangan di biasakan untuk membuang makanan.

Jika anak memang tidak bisa makan banyak, maka solusi mudahnya adalah menyediakan makanan itu dengan porsi sedikit, jika anak masih lapar, kita bisa menambahnya, daripada dengan porsi yang sedang namun ternyata si anak malah tidak menghabiskan makanannya. Untuk anak- anak umur di bawah 7 tahun memang tidak bisa makan terlalu banyak, namun beda hal nya dengan anak- anak di atas 7 tahun, mereka sudah bisa memakan apa saja  yang merek inginkan. Hal ini juga berpengaruh kepada kesehariannya di rumah maupun di sekolah.

Kita juga harus mengajarkan anak – anak kita untuk tidak terlalu sering jajan. Hal ini karena jika anak- anak kita terlalu sering jajan dan makan di luar, maka ketika pulang ke rumah, anak itu sudah tidak nafsu lagi untuk makan nasi. Hal ini tidak baik untuk kesehatannya, makanan di luar pun belum tentu terjaga kebersihannya. Kita harus benar- benar memperhatikan anak kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar