Selasa, 04 November 2014

Beberapa Hal Yang dapat Merusak Telinga

Telinga merupakan salah satu organ yang paling penting yang harus kita jaga setiap harinya. Dengan telinga kita bisa mendengarkan apa yang kita inginkan, kita bisa berbicara dengan adanya pendengaran di telinga kita. Hal ini merupakan suatu nikmat yang harus di syukuri, maka dari itu, kesehatan telinga juga wajib untuk di jaga. Banyak orang yang masih muda namun pendegaran mereka sudah mulai berkurang.

Hal ini tentu disebabkan oleh faktor- faktor tertentu. Salah satu faktor yang membuat telinga kita mengalami gangguan adalah  mendengarkan musik atau apapun itu menggunakan headset. Headset biasanya di sertai dengan handphone atau mp3 untuk memutar musik. Tahukah anda, sebenarnya dengan memutar musik melalui headset terlalu lama , hal ini dapat merusak telinga anda, karena perbedaan suara antara di telinga dalam dengan telinga bagian luar, sehingga suara yang ada di luar terganggu untuk bisa mencapai telinga yang paling dalam. Sehingga hal ini lah yang membuat pendengaran menjadi berkurang.

Hal lainnya selain mendengarkan musik terlalu keras, dan menggunakan headset, juga ada beberapa hal seperti membersihkan telinga dengan pengorek kuping. Jika kita membersihkan telinga terlalu sering dan tidak hati- hati, hal ini dapat membuat luka pada telinga kita. Tentu jika terdapat luka pada telingan kita, pendengaran kita juga akan terganggu. Hal seperti ini tentu tidak diinginkan oleh semua orang. Kita ini harus bisa pandai dalam menjaga organ tubuh yang sudah di karuniai oleh Tuhan untuk kita.

Telinga merupakan organ yang penting, jika telinga terganggu, dunia seperti drama bisu. Ada beberapa orang yang  tidak dapat mendengar dari lahir, sehingga dia tidak bisa berbicara karena dia tidak pernah bisa mendengarkan orang lain berbicara. Dunia menjadi sepi dan hening. Tentu kita yang memiliki telinga yang sehat harus menjaga nya dengan baik. Jangan sampai hal- hal seperti itu yang sudah menjadi keseharian kita malah membuat kita lalai dan akhirnya lupa untuk menjaga kesehatan telinga kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar